Selasa, 22 Oktober 2013

PENELITIAN RISOLES ISI MAYONES

PENELITIAN RISOLES ISI MAYONES




Ketua              : M. Najib                   ( 14211582 )
Sekertaris       : Venezia Amanda     ( 17211254 )
Bendahara     : Olivia Ronitasari     ( 15211464 )
Anggota          : 1. Catur Putri         ( 11211595 )
                          2. Eka Meyzurah     (12211345 )
                          3. Linda Saraswati  ( 14211110 )
                          4. Niken Yuanita     ( 15211166 )
                          5. Rohmanto            ( 16211424 )
Kelas               : 3EA18         

UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat serta hidayahNya sehingga dapat menyelesaikan tugas bahasa Indonesia ini dengan baik.
Adapun judul yang dipilih dalam penelitian adalah “ RISOLES ISI MAYONES “

Dalam kesempatan kali ini penulis mengcapkan terimakasih kepada :
1.      Dosen sofskill  mata kuliah PERILAKU KONSUMEN, M.SYAHWILDAN
2.      Orang tua kami yang telah memberi dukungan kepada kami dalam menyelesaikan penelitian ini.
3.      Responden yang telah memberikan pendapatnya untuk hasil penelitian kami.
4.      Semua teman yang telah memberi dukungan kepada kami dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah ini.
Makalah ini disusun untuk memenuhi mata kuliah Perilaku Konsumen .Kami menyadari makalah  ini masih jauh dari kesempurnaan meskipun demikian semoga makalah  ini dapat memberikan manfaat.









i
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................i
DAFTAR ISI....................................     .................................................ii
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................1
1.1              Latar Belakang....................... ................................................................1
1.2              Rumusan Masalah...................................................................................1
1.3              Tujuan pembahasan.............. .................................................................2
Bab II PEMBAHASAN.........................................................................2
Bab III PENUTUP.................................................................................5
3.1 Kesimpulan.......................................................................................5
DAFTAR PUSTAKA...........   ............................................................iii


BAB I PENDAHULUAN
BAB 1.1 LATAR BELAKANG
Usaha makanan merupakan jenis usaha yang berkelanjutan, dimana usaha ini dapat dinikmati semua orang, hampir semua usaha yang banyak digeluti masyarakat Indonesia adalah usaha dibidang kuliner. Kini aneka makanan banyak di temukan di setiap tempat dari tempat yang mewah hinga tempat sederhana. Seperti halnya makanan ringan yang menjadi favorit para remaja dan para mahasiswa
“Risoles isi mayones” merupakan industry  rumahan, dimana hanya memproduksi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.  “Risol isi mayones” adalah jenis gorengan risol yang memiliki  ‘improvisasi rasa yang khas’ pada bagian isinya sebagai penambah selera. Apa itu??? Ya,“ Risol isi mayones” yang berukuran tidak biasa alias berukuran JUMBO ini menambahkan potongan daging ayam, otak-otak,saus peda serta potongan sayuran fresh dan dikemas dengan kemasan  yang menarik sehingga semakin menambah selera para konsumennya. Dengan mengembangkan inovasi dan kreasi baru tersebut, diharapkan mampu mengatasi persaingan pasar dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

BAB 1.2 RUMUSAN MASALAH
1.      Produk apa yang di hasilkan ?
2.      Gambaran Pasar ?
3.      Apa itu risoles ?
4.      Bahan untuk isian risoles ?
5.      Bahan untuk kulit risoles ?
6.      Bahan pelengkap ?
7.      Cara membuat isian risoles ?
8.      Cara membuat kulit risoles ?
9.      Cara membuat risoles?

BAB 1.3          TUJUAN PEMBAHASAN
            Tujuan dai pembahasan Penelitian Risoles Isi Mayones adalah untuk meneyelesaikan Tugas yang di berikan dosen

BAB II PEMBAHASAN
Produk apa yang di hasilkan
 Usaha bidang kuliner menjadi favorit para pengusaha, mudah dan hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak. kami berusaha menyajikan tampilan dan rasa yang berbeda dari sajian aneka gorengan, yang kami beri nama “Risol Isi Mayones”. Selain mengenyangkan, kami juga berusaha menyajikan “jajanan” sehat yang berbeda dari yanglain.
Pesaing-pesaing dari makanan atau jajanan yang sejenis memang cukup banyak di pasaran. Untuk itulah dibutuhkan keunikan tersendiri dari produk yang ditawarkan agar memiliki ciri khas yang mudah di ingat oleh konsumen itu sendiri. Harga yang ditetapkan juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp.3500 saja. 
 Gambaran Pasar
       Usaha kuliner ini mempunyai prospek yang cukup baik ke depannya karena belum adanya usaha yang sama yang dijalankan di lingkungan sekitar kampus GUNADARMA, sehingga kami mempunyai kesempatan yang lebih banyak untuk menarik konsumen, mulai dari kalangan mahasiswa hingga anak-anak di sekitar lingkungan kampus. Selain itu ”Risol Isi Mayones ” ini sangat bisa digunakan sebagai pengganjal lapar dengan harganya yang terjangkau bagi kalangan mahasiswa.

Pengertian Risol
Risoles adalah sejenis makanan cemilan atau jajanan khas dari daerah Jakarta, Indonesia. Risoles dalam bahasa Belanda disebut rissole, yaitu pastri yang berisi daging cincang serta sayur-sayuran yang digulung dadar yang kemudian diberi lapisan tepung panir lalu digoreng hingga kecoklatan. Isi dalam risoles bisa berupa potongan daging sapi cincang, daging ayam, daging ikan atupun udang, serta sayur-sayuran seperti kentang, wortel maupun jamur kancing. Untuk kulit dadar pada risoles dapat dibuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, mentega, kuning telur serta air susu.
Ada 2 jenis risoles yang sangat dikenal di Indonesia, yang pertama risoles dengan isian sayuran lalu dicampur dengan daging cincang, dan yang kedua risoles dengan isian ragout atau potongan-potongan wortel, kentang dan sayuran lainnya

Bahan untuk isian risoles :
1. 2 buah wortel (bersihkan kemudian potong dadu kecil).
2. 2 buah kentang (bersihkan kemudian potong dadu kecil).
3. 300 gram suwiran daging ayam goreng.
4. 2 butir telur.
5. 4 siung bawang merah (cacah halus).
6. 4 siung bawang putih (cacah halus).
7. 1 cangkir susu cair.
8. 1 cangkir air matang.
9. ½ cangkir terigu (larutkan dalam air secukupnya).
10. Garam secukupnya.
11. Gula pasir secukupnya.
12. ½ sdt merica bubuk.
13. 3 sdm margarine (untuk menumis).

Bahan untuk kulit risoles :

1. 500 gram tepung terigu.
2. 5 butir telur ayam.
3. 1 liter air susu.
4. 1 sdm garam.
5. 8 sdm minyak goreng.
6. 1 sdm minyak goreng (untuk olesan ketika membuat kulit dadar).

Bahan pelengkap :

1. 300 gram tepung panir.
2. 1 butir telur.

Cara membuat isian risoles :
Mula-mula siapkan wajan kemudian panaskan margarine. Tumis bawang bawang merah dan bawang putih hingga harum kemudian masukkan larutan tepung terigu lalu aduk secara merata.
Selanjutnya tuangkan 1 cangkir air masak kemudian masukkan juga wortel, kentang, suwiran daging ayam dan telur lalu aduk merata. Masak hingga wortel dan kentang matang.
Setelah wortel dan kentang matang, tambahkan garam, gula pasir serta merica kemudian tuangkan pula secara perlahan 1 cangkir susu cair lalu aduk secara perlahan dan masak kembali hingga semua bahan benar-benar matang.
Cara membuat kulit risoles :
Pertama aduk menggunakan mixer 5 butir telur ayam beserta garam, kemudian masukkan susu cair secara perlahan sambil adonan diaduk secara merata. Tambahkan 500 gram tepung terigu sambil diaduk menggunakan tangan hingga adonan licin kemudian tambahkan pula 8 sendok minyak goreng lalu aduk kembali hingga rata.

4
Selanjutnya, siapkan wajan lalu olesi dengan minyak goreng. Setelah itu bentuk lembaran-lembaran kulit dadar tipis dari adonan tadi diatas wajan. Lakukan untuk semua adonan hingga adonan habis.
Cara membuat :
Pertama, ambil 1 lembar kulit dadar kemudian isi secukupnya dengan isian risoles tadi lalu gulung risoles, selanjutnya rekatkan kulit dadar dengan putih telur. Lakukan hingga semua kulit dadar dan isian risoles habis.
Selanjutnya, kocok 1 butir telur ayam lalu celupkan risoles kedalam kocokan telur kemudian taburi dengan tepung panir yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah itu, diamkan risoles kira-kira setengah jam sebelum risoles digoreng.
Setelah 30 menit, goreng semua risoles hingga risoles berwarna keemasan kemudian aangkat dantiriskan. Sajikan risoles diatas piring saji.  

BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Gorengan bukan merupakan kuliner yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena rasa yang enak dan harga yang sangat terjangkau membuat banyak orang yang menyukai makanan yang berbahan dasar tepung dan kombinasi sayur- sayuran ini . Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai makanan yang satu ini.
              Target pasar dari  “Risol Isi Mayones” ini adalah remaja khususnya mahasiswa yang mempunyai aktivitas yang padat, karena aktivitasnya yang padat.
Hadir sebagai salah satu pilihan makanan yang sangat praktis, dan sangat cocok jadi makanan mahasiswa yang sangat sibuk dan tidak bisa meluangkan waktu untuk makan di rumah makan dan bisa sebagai alternatif pengganjal perut…

DAFTAR PUSTAKA


















iii

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar